Tabungan BTN Perumahan Solusi Cepat Miliki Rumah Impian

Mau tahu tentang Tabungan BTN perumahan? Yuk baca selengkapnya bagaimana kelebihan, kekurangan dan syarat memiliki tabungan tersebut. – Bank BTN atau Bank Tabungan Negara merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang lembaga keuangan, yaitu perbankan. Bank BTN melayani dan mendukun pembiayaan sektor perumahan melalui tiga produk utamanya, yaitu perbankan perseorangan, bisnis dan syariah.

Bank ini sangat cocok bagi Anda yang ingin segera memiliki rumah impian dengan cicilan ringan dan bunga yang rendah. Selain itu, Anda juga dapat menikmati layanan lainnya yang membuat keuangan Anda tetap terjaga dan stabil. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki rumah impian tersebut, maka Anda bisa segera mengambil produk tabungan BTN perumahan sekarang juga dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan.

Sebelum datang langsung ke bank BTN terdekat, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu produk tabungan BTN perumahan? Apa saja syarat dan ketentuan yang harus dilakukan? Dan bagaimana prosedur untuk mengajukan tabungan ini? Yuk. Simak informasinya lebih lanjut hanya disini.

Tabungan BTN Perumahan, Cicilan Ringan Pilihan Keluarga Indonesia

Tabungan BTN perumahan merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh bank BTN. Target utama tabungan ini adalah para nasabah yang baru saja menikah serta orang-orang muda yang telah memiliki pekerjaan tetap dan menyadari betapa pentingnya memiliki hunian sendiri. Dengan tabungan ini, diharapkan segala impian dengan memiliki rumah yang diidamkan akan segera terwujud dengan cepat dan tidak mungkin Anda sesali.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tabungan ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bebas Biaya Administrasi Bulanan

Tabungan BTN Perumahan memberikan fasilitas yang sangat disukai oleh setiap orang, yaitu tidak diberlakukannya sistem biaya administrasi bulanan. Anda bisa menabung dengan nyaman tanpa perlu takut uang yang telah Anda tabung berkurang karena biaya administrasi. Dengan menabung disini, uang yang ditabung akan tetap aman serta nominalnya tidak akan berkurang sedikitpun.

  • Membantu Masyarakat Indonesia Menabung Untuk Memberi Rumah

Selain memiliki layanan bebas biaya administrasi, produk tabungan ini pun memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk menabung dengan tujuan memiliki rumah impian secara cepat dan nyaman. Seperti yang diketahui bahwa banyak sebagian masyarakat yang tidak mampu menabung sendiri dengan baik. Oleh karena itu, bank BTN hadir untuk membantu Anda dalam menabung dan memiliki rumah impian.

  • Mendapatkan Hak-Hak Istimewa KPR

Tabungan BTN Perumahan akan memberikan layanan hak istimewa bagi para nasabah KPR. Disini nasabah akan mendapatkan layanan cicilan ringan dengan bunga yang rendah. Dengan begitu, nasabah tidak akan merasa terbebani dan bisa melewati semuanya dengan mudah dan tanpa terasa.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari produk tabungan BTN Perumahan. Selanjutnya Anda bisa mengetahui apa saja syarat dan ketentuan serta informasi penting lainnya yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan dan mengambil produk tabungan BTN tersebut.

tabungan BTN perumahan
tabungan BTN perumahan

Syarat dan Ketentuan Tabungan BTN Perumahan

Sebelum membahas mengenai syarat dan ketentuannya, Anda harus mengetahui beberapa informasi lainnya yang tentu saja akan bermanfaat dan tidak boleh untuk dilewatkan. Informasi yang dimaksud adalah mengenai jumlah saldo dan setoran serta suku bunga yang harus Anda bayarkan ketika akan menabung nantinya.

  • Saldo dan Setoran Tabungan BTN Perumahan

Untuk para nasabah reguler, maka setoran awal yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp.2000.000,00.  Kemudian, untuk saldo awal yang harus dimiliki adalah sebesar Rp.500.000,00. Selanjutnya saldo minimal yang harus dimiliki di dalam tabungan adalah sebesar Rp.200.000,00 dan setoran lanjutan yang bisa Anda bayarkan minimal sebesar Rp.100.000,00.

  • Suku Bunga

Sementara untuk suku bunga tabungan BTN Perumahan dibagi menjadi dua, yaitu:

  • 0 s.d Rp.2 juta suku bunganya sebesar 0,00%
  • >Rp.2 juta suku bunganya sebesar 2.00%

Informasi mengenai saldo dan setoran serta suku bunga tabungan BTN Perumahan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan bank BTN sendiri. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi bank BTN terdekat dan bertanya mengenai hal ini.

  • Syarat dan Ketentuan Tabungan BTN Perumahan

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan oleh para calon nasabah nantinya, yaitu sebagai berikut:

  • Rekening dapat berlaku untuk perorangan

Tabungan BTN Perumahan memberikan layanan yang mana tabungan ini bisa dibuka oleh perorangan atas namanya sendiri. Dengan kata lain, semua tanggung jawab dan kewajiban sepenuhnya adalah milik nasabah perorangan.

  • Wajib melampirkan kelengkapan dokumen

Bagi calon nasabah yang ingin membuka rekening ini, maka harus melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan oleh tabungan ini. Biasanya pihak CS akan memberitahukan dokumen apa saja yang harus Anda bawa dan membawanya pada saat mendaftar nanti. Jika dokumen yang diminta tidak lengkap, maka harus segera dilengkapi terlebih dahulu karena jika tidak maka pembukaan tabungannya tidak bisa di proses pada saat itu juga.

  • Rekening dapat dinyatakan aktif apabila telah memiliki persetujuan oleh pihak bank

Ketika Anda membuka rekening tabungan BTN Perumahan, maka Anda akan menunggu beberapa waktu terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi apakah tabungan Anda bisa diterima atau tidak. Bank akan menyetujui pembukaan rekening tersebut dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di bank BTN itu tentunya.

  • Biaya Layanan Tabungan BTN Perumahan

Ada beberapa biaya yang akan dikenakan oleh pihak bank kepad nasabah yang mengambil produk tabungan ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Biaya penggantian buku tabungan hilang atau rusak

Tabungan BTN Perumahan akan mengenakan biaya penggantian ketika tabungan yang Anda miliki hilang atau rusak. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena biaya yang dikenakan tidak memberatkan dan cenderung ringan.

  • Biaya Penarikan Habis

Untuk biaya penarikan habis akan dikenakan ketika Anda mengambil saldo sampai habis, yaitu sebesar Rp.150.000,00.

  • Biaya Administrasi Bulanan

Meskipun tabungan BTN Perumahan tidak mengenakan biaya administrasi, namun ada beberapa produk yang dikenakan biaya ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena biayanya tidak memberatkan dan terkesan lebih ringan.

  • Denda Saldo di Bawah Minimal

Jika saldo Anda berada dibawah minimal, maka akan dikenakan biaya atau denda sesuai dengan ketentuan yang ada.

  • Denda Rekening Dormant atau Pasif

Selain denda untuk saldo yang dibawah minimal, tabungan BTN perumahan juga memberikan denda kepada rekening yang dormant atau pasif atau yang kurang aktivitas tabungannya. Jadi, jangan sampai Anda termasuk ke dalam nasabah dengan tabungan pasif, ya.

  • Biaya Penarikan

Jika Anda melakukan penarikan di loket dengan nominal kurang dari atau sama dengan jumlah Rp.2.000.000,00 maka Anda akan dikenakan biaya penarikan dengan jumlah tertentu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

  • Kelengkapan Dokumen

Setelah mengetahui beberapa ketentuan diatas, maka Anda bisa langsung mengetahui beberapa dokumen atau persyaratan yang harus dibawa ketika akan membuka Tabungan BTN Perumahan. Beberapa dokumen pribadi yang bisa Anda bawa diantaranya adalah fotocopy e-KTP dan FC NPWP. Kedua dokumen ini bisa Anda bawa ketika akan membuka produk tabungan ini dan membawa sejumlah uang yang akan dijadikan untuk saldo awal pembukaan rekening.

Baca : Ciri ciri KPR di setujui atau di tolak

Prosedur Pembukaan Rekening Tabungan BTN Perumahan

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang diperlukan untuk pembukaan rekening, maka Anda bisa mengunjungi secara langsung kantor bank BTN dengan membawa persyaratan serta dokumen yang sudah ditentukan.

Jika Anda sudah datang ke kantor bank BTN, maka Anda bisa mengambil nomor antrian dan menunggu nomornya dipanggil. Jika sudah dipanggil, maka Anda bisa mendatangi customer service dan menyatakan bahwa Anda akan membuka rekening tabungan BTN perumahan.

Setelah menyatakan produk yang akan Anda ambil, maka CS akan memberikan formulir pendaftaran dan harus Anda isi beberapa kolom yang pentingnya. Lalu, serahkan semua persyaratan yang sudah dibawa kepada CS sehingga CS bisa memproses pembukaan rekeningnya.

Setelah selesai mengisi formulir, maka Anda bisa mengikuti beberapa prosedur selanjutnya yang diarahkan oleh pihak CS. Dan tanpa menunggu lama, maka tabungan BTN perumahan sudah bisa Anda miliki.

Tabungan BTN Perumahan Solusi Cepat Miliki Rumah Impian

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai produk tabungan BTN Perumahan. Setelah mengetahuinya, Anda bisa memikirkannya sendiri apakah tetap akan membuka rekening tabungan di bank BTN atau tidak. Selain persyaratan mudah dan tidak membuat lama, maka rumah impian yang Anda idamkan pun akan segera bisa Anda dapatkan.