Syarat Gadai AJB Di Pegadaian, Apa saja?

Apa saja Syarat gadai AJB di pegadaian?, Sebelum cari tahu syaratnya, pastikan kalian tahu apakah pegadaian menerima ajb sebagai jaminan apa tidak. Sebab selama ini pegadaian BUMN belum mau menerima jaminan bentuk properti, seperti sertifikat tanah, rumah yang sudah SHM (Sertifikat Hak Milik). Tentu AJB masuk didalamnya. AJB atau Akta jual beli adalah akta otentik yang sengaja dibuat untuk syarat dalam jual beli tanah secara legal oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) atau seorang Notaris. Fungsi AJB ini adalah tanah yang dibeli bisa dialihkan (balik nama) dari nama penjual  ke nama pembeli. Kemudian dilanjutkan untuk Surat Hak Milik Tanah (SHM). Jadi AJB bukanlah bukti kuat jika dibandingkan SHM oleh karena itu banyak lembaga keuangan baik bank maupun non bank. Lalu bagaimana dengan pegadaian?

Jika yang dimaksud pegadaian milik pemerintah atau BUMN, seperti yang sudah kami jabarkan bawah pegadaian belum menerima jaminan AJB (Kalau SHM tidak sertakan atau tidak dibuktikan keberadaannya). Jika ada berita bahwa pegadaian bisa menerima AJB kemungkinan besar dari pegadaian swasta atau renternir. Adapun berita yang mengatakan bahwa pegadaian mau menerima sertifikat tanah sawah sebagain jaminan. Iya itu benar, lewat layanan Rahn Tasjily Tanah di Pegadaian syariah. Rahn Tasjily Tanah adalah layanan pembiayaan dari Pegadaian Syariah dengan jaminan berupa sertifikat tanah atau bukti kepemilikan tanah yang ditujukan kepada Pengusaha Mikro dan Petani. Jadi, Jika AJB belum SHM, anda juga bisa menggadaikan barang di pegadaian seperti jenis jenis barang dibawah ini.

syarat gadai ajb di pegadaian
Jenis Barang Yang Bisa digadaikan di Pegadaian

Ada beberapa kelompok barang yang bisa digadaikan selain untuk gadai AJB di  Pegadaian. Dari barang elektronik sampai bpkb motor. Syaratnya mudah, asal punya identitas resmi KTP, kalian bisa pinjam uang di pegadaian. Bagi yang terkendala E KTP belum jadi, kalian bisa pakai blangko e ktp sementara sebagai pengganti KTP. Selain itu jangan lupa bawa jaminannya. Proses pengajuan tidak lama kok, hanya 15 menit setelah penyerahan dokumen. Dana pinjaman langsung cair dalam bentuk tunai. Jadi bisa langsung dipakai untuk kebutuhan mendadak kalian. Nah.. yuk gadaikan barangmu di pegadaian.

Kendaraan bermotor dan Surat2 pentingnya

Kalian bisa gadai bpkb motor/mobil atau unit kendaraannya untuk mendpatkan dana tunai di pegadaian. Proses cepat dan tanpa survey.  Syarat kendaraan bermotor yang diagunkan untuk sepeda motor tahun terbit motor 5 tahun ke bawah sedangkan untuk mobil 5 tahun ke bawah. Selain itu kondisi kendaraan harus baik dan lengkap. Pajak tidak mati. Syaratnya ktp, bpkb, stnk asli dan Surat bukti kredit (SBK).

Baca juga : Tabel angsuran Gadai BPKB di Pegadaian

Barang elektronik

Hp, laptop, tv led, kamera kalian juga bisa gadaikan di pegadaian untuk memenuhi kebutuhan sementara kalian. Daripada pada bingung mencari pinjaman ajb di pegadaian yang belum tentu ada. Kalian bisa pinjam uang dengan jaminan barang barang elektronik kalian. Syarat gadai hp, laptop dkk di pegadaian cukup dengan KTP dan kwitansi pembelian. Jangan lupa kondisi barang harus baik dan terbitan maksimal 1 tahun kebelakang.

Logam Mulia

Kalian yang punya logam mulia misalnya emas perhiasan di rumah, bisa tuh digadaikan untuk mendapatkan dana tunai. Emas sangat mudah di gadaikan mesti tanpa surat atau kwitansi. Sebab emas memiliki nilai likuiditas tinggi. Jadi  nilai gadai masih tetap tinggi, walau tidak setinggi dengan yang kwitansi masih ada. Syarat gadai emas di pegadaian adalah ktp dan kiwtansi (kalau ada).

Syarat Gadai AJB di pegadaian

Adapun 2 jenis layanan Rahn Tasjily Tanah yang bisa kamu pilih, yaitu Reguler dan Fleksi. Jenis Reguler, kamu diwajibkan melakukan pembayaran angsuran setiap bulan, sementara jenis Fleksi mewajibkan pembayaran berjangka dan sekali bayar setiap 3, 4, atau 6 bulan. Namun syarat syaratnya sama, hanya beda cara membayar saja.

  • Tanah yang digadaikan adalah tanah produktif tanaman pertanian. Bukan lahan kososng
  • Jika ada bangunan, maka disertakand dengan IMB
  • Fotokopi PBB terakhir
  • Dokumen agunan : SHM
  • KTP, Kartu keluarga dan akta nikah/cerai
  • Usia minimal 18 tahun atau sudah menikah

Jika sudah terkumpul semua syaratnya, silakan gadai AJB di pegadaian disertakan SHM juga yak di kantor cabang terdekat di kota kamu. Proses pengajuan di kantor tidak terlalu lama, hanya saja proses pengajuannya ada survey lokasi tanah atau bangunan yang digadaiakakn apakah benar benar sesuai kriteria pegadaian. Jika disetujui makan selanjutnya adalah perjanjian kredit. Kemudian kamu akan diberikan surat bukti kredit yang digunakan saat angsuran, pelunasan dan pengambilan agunan. Sekiranya begitu. Jika belum jelas bisa nanya ke cs pegadaian di  021-8581 162 atau 021-80635 162. Terima kasih