Ciri Ciri KPR disetujui atau di Tolak oleh Bank

Gimana sih ciri ciri KPR disetujui atau di tolak? Mungkin kalian Pernah kan mengajukan KPR tapi prosesnya membutuhkan cukup lama karena tidak ada kabar dari pihak Bank maupun developer? Kemudian anda berpikir negatif, apakah pengajuan KPR ditolak atau tidak disetujui. emm tunggu dulu. Kadang memang jam kerja bank sangat sibuk karena banyak aktivitas atau antrian nasabah yang juga mengajukan KPR. Giliran Anda entah kapan, mungkin minggu depan bahkan bulan depan. Namun jika Anda merasa syarat dan ketentuan terpenuhi, Anda tinggal nunggu giliran saja. Jangan terlalu sering bertanya berapa proses persetujuan KPR ke CS bank.

Sebenarnya ada syarat dan ketentuan dari pihak Bank kepada pemohon yang mengajukan KPR. Selain syarat juga ada juga prosedur yang harus dilakukan dengan benar dan urut. Namun pengalaman, seringkali pemohon ditolak karena masalah persyaratan tidak memenuhi. Masalah syarat yang umum terjadi adalah karena latarbelakang keuangan dari si pemohon dan riwayat kredit sebelumnya. Kemudian jika KPR rumah bekas umumnya biasanya surat surat rumah tidak lengkap. Nah sekarang, akan saya buat per poin agar lebih mudah dipahami agar dalam mengajukan KPR tidak terlalu lama menunggu kabar apakah ditolak atau disetujui.

Ciri Ciri KPR di Setujui atau di Tolak

ciri ciri KPR disetujui atau ditolak
ciri ciri KPR disetujui atau ditolak

Secara detail mungkin kita ga tahu Ciri Ciri KPR di Setujui atau di Tolak, namun dari kitanya sendiri pun bisa menganalisa data dokumen kita sendiri. Apa yang kurang atau tidak sesuai dengan syarat syarat KPR BTN seperti halnya dibawah ini:

Riwayat BI Checking atau SLIK

Riwayat kredit hasil Bi Checking nasabah Buruk. Bi Checking adalah laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang berisi riwayat kredit/pinjaman seorang nasabah kepada bank atau lembaga keuangan non bank. (BI Checking, sekarang di ganti dengan SLIK yang dikelola oleh OJK). Jadi selama ini atau sebelumnya Anda memiliki kredti lain tapi pembayarannya tidak lancar bahkan nunggak atau belum lunas, secara otomatis bi checkingnya buruk. Hal ini menjadi pertimbangan pihak bank untuk menyetujui.

DSR (Debt Service Ratio) Tidak cukup mencover Angsuran

DSR adalah nilai yang menunjukan porsi maksimal angsuran dari pendapatan bulanan Anda. Setiap bank memiliki kebijakan tersendiri tentang nilai DSR, ada yang 35%, 40% bahkan 50%. Bisa dikatakan juga, DSR sebagai perbandingan angsuran tiap bulan dengan total pendapatan perbulan. Misal gaji 10 juta, kalau Bank memberi DSR 40% berarti maksimal angsuran yang bisa terpakai 4 juta aja. Nah jika angsurannya lebih dari 4 juta, tentu ini menjadi salah satu alasan kenapa Anda di tolak. Kalau saran dari penulis lebih baik angsuran idealnya 30% dari gaji. Misal gaji 10 juta, angsuran cuma 3 juta saja. Kalau belum sampai, bisa gabungan gaji suami+ istri. Hal ini sering dilupakan oleh pemohon, padahal ini salah satu ciri ciri KPR disetujui.

Surat Surat Rumah Bermasalah atau Tidak Lengkap

Ada juga kasus rumah yang akan di KPR memiliki masalah legalitas Rumah baik di beli ke developer atau penjual pribadi. Sebelum beli, Anda Perlu menanyakan ke developer tentang legalitas rumah seperti SHM. PBB dan IMB. Tanyakan juga ke warga sekitar tentang rumah tersebut. Soalnya developer kadang ngomongnya manis di depan. Jika penjual adalah pribadi tanyakan juga SHMnya. Sebab kalau masih AJB, girik petok belum SHM, rumah tersebut belum bisa di KPR. Ingat juga, jangan DP dulu sebelum semua jelas. Bayar DP setelah ada persetujuan kredit.

Rumah tidak memenuhi syarat dan ketentuan KPR

Hal ini sering terjadi pada KPR rumah bekas. Rumah yang akan di KPR kan tidak memenuhi persyaratan Bank. Syarat rumah bisa KPR adalah bisa di lalui mobil, sudah sertifikat (SHM, IMB dan Pbb), rumah jauh dari Sutet, rumah jauh kuburan dan rawan bencana seperti banjir dan gempa. Jadi sudah je;las ciri ciri KPR disetujui atau tidak kalau lokasi tidak memenuhi syarat KPR. Sebab bila rumah diposisi tersebut nilai jual tidak berkembang cepat.

Dokumen tidak lengkap

Dokumen persyaratan memang sifatnya administratif, seperti dokumen identitas pribadi dan penghasilan. Namun kalau dokumen tidak bisa dibuktikan secara jelas bisa menjadi masalah. Jadi usahakan harus dilampirkan, apalagi yang statusnya bukan berpendapatan tetap seperti self employe dan pengusaha kecil. Ada kabar kabur kalau bank lebih menyukai pemohon berlatarbelakang ASN dan karyawan tetap.

Apakah sudah paham? Jika kalian bertanya tentang bagaimana ciri ciri KPR disetujui atau tidak. Kalian bisa menganalisa sendiri tentang poin poin diatas dengan keadaan keuangan Anda saat ini. Jika memang jauh dari kata tersebut. Berarti wajar KPR di tolak. Carilah KPR subdisi yang mungkin bisa sesuai dengan keadaan Anda.

Tags: