Cara Jual Emas Tanpa Surat Agar Harganya Tetap Mahal

Jual Emas Tanpa Surat? Apa saja resikonya? Terus dimana tempat menjualnya? Emas merupakan aset berharga dalam bentuk perhiasan yang memiliki nilai nominal tinggi. Biasanya, orang suka membeli emas dengan jumlah banyak karena jika dijual kembali, nominal emas tidak akan berkurang dan malah semakin bertambah. Saat ini, banyak sekali lembaga keuangan yang menyediakan tabungan khusus emas, yang mana nasabah nya bisa menabung emas untuk keperluan di masa yang akan datang.

Emas yang bisa ditabung adalah emas batangan dimana Anda menabungnya dengan cara membeli emas tersebut. Nah, jika emas yang untuk dijual adalah emas biasa yang sudah diproduksi. Apabila Anda ingin menjual emas tanpa surat, maka ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Diantaranya adalah tempat mana saja yang bisa melayani penjualan emas tanpa menggunakan surat? Apa resiko dari penjualan emas tanpa surat serta bagaimana tata cara dalam menjual emas tanpa surat.

jual emas tanpa surat
jual emas tanpa surat

Tempat Jual Emas Tanpa Surat yang Bisa Anda Datangi  

Jika Anda memiliki perhiasan berupa emas di rumah, namun surat pembelian emasnya hilang atau sudah tidak ada, maka tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa menjual emas tersebut di toko perhiasan emas pada saat Anda membeli. Selain itu, jika Anda lupa toko tempat membeli emas pertama kali, maka Anda bisa mendatangi toko emas lainnya namun akan dikenakan biaya administrasi pada saat menjualnya.

Ketika Anda menjual emas di tempat membeli emas pertama kali, maka bisa saja mereka menerima emas tersebut, namun harga yang akan didapatkan tidak akan besar dan malah terkesan melonjak turun kecuali jika model emasnya masih baru dan tidak terkesan jadul. Namun, jika emas yang Anda jual sudah ketinggalan jaman, maka siap-siaplah dengan harga yang terkesan murah dan tidak bisa menerima penaikan. Dan ketika emas tersebut sudah diterima pihak toko, maka emas yang sudah ketinggalan trend akan langsung dileburkan dan digantikan dengan model yang baru.

Selain di toko emas, Anda juga bisa jual emas tanpa surat ke tukang emas yang seringkali berkeliling dari tempat ke tempat. Meskipun harganya terkesan lebih murah, tapi Anda bisa menjual emas yang Anda punya disini dengan proses cepat dan bisa bernego. Jual emas tanpa menggunakan surat memang lebih sulit ketimbang menjual emas yang masih lengkap dengan surat-suratnya. Namun, Anda bisa mencobanya jika memang sedang membutuhkan uang dan sebagainya.

Baca : Syarat Gadai BPJS di pegadaian

Resiko Jual Emas Tanpa Surat

Setelah mengetahui tempat jual emas tanpa surat, maka Anda juga harus mengetahui beberapa resiko yang akan ditimbulkan dari hal tersebut. Informasi ini mesti Anda ketahui agar bisa memikirkan dengan baik apakah tetap menjualnya atau tidak.

Beberapa resiko yang dapat ditimbulkan dari jual emas tanpa surat adalah sebagai berikut:

  • Susah Menemukan Toko Untuk Jual Emas

Menjual emas tanpa ada surat memang jarang diterima oleh toko-toko emas yang ada. Karena surat-surat yang ada dalam emas ketika Anda pertama beli merupakan kwitansi yang menyatakan keaslian emas beserta harga pada saat membeli emas. Jika Anda tidak memiliki surat tersebut, maka Anda tidak bisa menjual emas ke sembarang tempat karena akan otomatis ditolak atau mengalami penurunan harga yang drastis.

Solusi untuk jual emas tanpa surat di toko emas hanyalah dengan menjualnya kembali ke toko emas ketika Anda membeli emas tersebut. Dengan begitu, toko emas tersebut akan memeriksa keaslian emas dan menawarkan harga emas yang Anda jual. Biasanya, harga emas ini dipengaruhi juga oleh trend emas pada saat itu. Jika trend nya sudah ketinggalan jaman, maka emas tersebut akan dileburkan oleh pihak toko ketika sudah selesai dibeli. Tentu saja akan ada biaya peleburan emas serta biaya administrasi jika Anda tidak memiliki surat emasnya.

  • Harga Turun Drastis

Jika Anda ingin jual emas tanpa surat di toko emas yang Anda beli, maka harga yang ditawarkan pun cenderung lebih kecil dari harga beli pertama kali. Penurunan tersebut terjadi karena tidak adanya surat yang menyatakan keaslian emas sehingga pihak toko harus memeriksa ulang keaslian emas kemudian meleburnya jika sudah ketingalan jaman.

Agar terhindar dari kedua resiko tersebut beserta resiko yang akan timbul lainnya, jangan sampai Anda menghilangkan surat-surat atau kwitansi penting yang berisi keterangan harga dan pernyataan terkait keaslian emasnya. Jika surat-suratnya msih lengkap dan emas yang akan Anda jual masih termasuk ke dalam trend baru, maka Anda bisa menjualnya kembali dengan mudah dan mendapatkan harga yang lebih besar dari harga jualnya. Walaupun terkadang turun, tapi penurunannya tidak terlalu drastis dan masih bisa untuk dipertimbangkan.

Tata cara Jual Emas Tanpa Surat Dengan Mudah dan Cepat

Setelah Anda mengetahui dimana saja Anda bisa jual emas tanpa surat serta resiko yang harus Anda hadapi nantinya, maka Anda dapat memilih apakah akan lanjut menjual atau bahkan mengurungkan nianya untuk menjual. Apabila Anda tetap ingin menjualnya meskipun tanpa menggunakan surat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan dijamin emas yang akan Anda jual akan cepat prosesnya.

Untuk jual emas tanpa surat, Anda bisa langsung pergi ke toko emas yang menjual emas tersebut. Kemudian katakanlah bahwa Anda membeli emas disana dan bisa dicek terlebih dahulu keaslian emas bebsertaa harga yang ditawarkannya. Jika berhasil, maka Anda akan mendapatkan uang dari hasil jualan emas tersebut tanpa rumit dan selesai dengan cepat. Akan tetapi jika emas tersebut sudah jauh dari trend terbaru, maka harga emasnya akan melonjak turun dan Anda harus membayar beberapa biaya administrasi serta biaya peleburan emas tersebut.

Mudah sekali bukan, cara jual emas tanpa surat tersebut? Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain, lho. Yang terpenting Anda harus tetap mengingat dimana pertama kali Anda membeli emasnya dan mengetahui bahwa trend emas ini masih baru sehingga bisa mendapatkan harga yang cukup terjangkau dan tidak mengalami penurunan yang melonjak.

Ingin Jual Emas Tanpa Surat? Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Melakukannya

Setelah mengetahui tempat, resiko dan tatacara jual emas tanpa surat, apakah semua pertanyaan Anda sudah terjawab mengenai hal ini? Jika sudah, maka Anda sudah memahami informasinya dan bisa melakukan jual emas tanpa menggunakan surat karena surat yang diminta sudah hilang. Dan perlu Anda ketahui bahwa ketika akan menjual emasnya, Anda harus mengetahui kurs emas yang sedang berjalan agar bisa mendapatkan harga emas yang signifikan dan tidak terlalu melonjak turun.

Anda juga harus mengetahui keadaan emas yang akan Anda jual tersebut, salah satunya adalah mengenai kadar emas dan trend emas yang Anda miliki. Jika Anda yakin dengan kadar emas yang asli serta trend yang masih baru, maka Anda akan mendapatkan harga yang cukup signifikan dan membuat emas yang dijual tidak mengalami peleburan.